oleh

Dugaan Pelanggaran Caleg Nasdem di Kampus Unima Lanjut di Bawaslu Sulut

Manado, Barta1.com – Kasus dugaan pelanggaran Pemilu yang melibatkan Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Nasdem, Felly Runtuwene, rupanya belum selesai. Faktanya, Bawaslu Minahasa mengadukan kasus tersebut dalam sidang penanganan pelanggaran administratif pemilu di Bawaslu Sulut.

Sidang pun mulai bergulir, Jumat (8/3/2019) lalu, hanya saja terlapor Felly Runtuwene tak hadir. Pun begitu tiga orang kuasa hukum yang mewakilinya tak memiliki legal standing, sehingga sidang dilanjutkan Senin (11/3/2019) dengan agenda mendengar laporan dari Bawaslu Minahasa.

“Iya, benar sidang berlangsung Jumat lalu hanya saja ditunda. Dan mulai bergulir lagi Senin hari ini,” ujar Komisoner Bawaslu Sulut, Mustarin Humagi, kepada wartawan usai sidang, Senin (11/3/2019).

Ketua Bawaslu Minahasa, Rendy Umboh, mengatakan inti laporan yang dibawa ke sidang penanganan pelanggaran administratif pemilu di Bawaslu Sulut adalah perihal dugaan pelanggaran ketika kampanye di Kampus Unima. “Fakta-fakta itu ada, meski dugaan pelanggaran pidana waktu lalu yang memutuskan adalah Gakumdu. Gakumdu terdiri tiga elemen: bawaslu, polisi dan kejaksaan. Putusan itu dua lawan satu, sehingga Bawaslu Minahasa tidak bisa berbuat apa-apa. Dan kita tahu sendiri apa putusan Gakumdu waktu itu, bahwa tidak terbukti. Semoga saja permohonan laporan kami ini diterima majelis. Paling tidak ada efek jera dengan putusan misalnya memberikan teguran tertulis, tidak diikutkan tahapan tertentu, atau sanksi administrasi lainnya,” ujar Rendy yang didampingi komisioner lainnya, Donny Rumagit dan Erwin Sumampouw.

Itu sebabnya, dugaan pelanggaran itu Bawaslu Minahasa adukan ke Bawaslu Sulut dalam proses pelanggaran adminustratif. “Kalau masalah administratif pelanggaran pemilu itu Bawaslu memiliki kewenangan,” katanya.

Lalu bagaimana tanggapan tim kuasa hukum Felly Runtuwene? “Kami akan memberikan tanggapan terkait laporan Bawaslu Minahasa pada sidang lanjutan Rabu (13/3/2019) lusa. Tunggu saja,” tegas Jack Budiman SH, didamping 14 pengacara lainnya.

Sidang yang dipimpin Mustarin Humagi didampingi Kenly Poluan akan dilanjutkan pada pukul 13.00 WITA, Rabu (13/3/2019) dengan agenda mendengar tanggapan dari terlapor.

Peliput : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed