oleh

Saat Mahasiswa Pimpin Sidang Paripurna DPR

-Berita, Polmas-1.850 views

Manado, Barta1.com — Ratusan mahasiswa terlihat antusias saat mengikuti kegiatan Parlemen Kampus 2019: Seminar Nasional (Semnas) Pemilu Serentak tahun 2019. Dalam kesempatan itu mahasiswa bersimulasi sebagai wakil rakyat dalam proses paripurna.

Kegiatan bertajuk “Dinamika, Tantangan dan Harapan” itu berlangsung di Gedung DPRD Provinsi Sulut, Rabu (27/02/19) dan dibuka Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto.

Utut, yang juga dikenal sebagai grand master catur dari Indonesia, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Unima yang sudah membantu DPR RI memfasilitasi kegiatan ini sehingga boleh dilaksanakan selama dua hari di Manado.

“Terima kasih untuk Unima yang telah menjadi partner kami sehingga suksesnya kegiatan ini,” ungkapnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sulut, DPRD Provinsi Sulut, KPU Sulut serta semua pihak yang turut serta menyukseskan kegiatan ini.

Salah seorang peserta Sandi Udang mengaku mendapatkan pengetahuan dan bekal dari para narasumber.

“Senang dapat pengetahuan baru tentang bagaimana cara persidangan yang baik dan paling penting bagaimana cara menyeleksi caleg yang pantas dipilih,” ungkapnya.

Senada, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unima Reflindo Loho mengatakan, mendapatkan pengetahuan yang baru soal Pemilu serentak dan bagaimana para wakil rakyat bersidang serta mengambil keputusan.

“Harapannya kegiatan ini boleh berkesinambungan, tidak hanya berhenti disini, berharap saja semua yang menerima materi di kegiatan ini dapat mengetahui seperti apa kinerja wakil rakyat yang sebenarnya,” tuturnya.

Loho juga menambahkan dirinya sangat bangga dipercayakan oleh Setjen DPR RI untuk menjadi Ketua DPR RI dalam simulasi sidang Paripurna.

Sementara itu, Ketua Panitia Semnas Nadhifatul Lailiyah mengungkapkan, sungguh kegiatan ini lebih dari yang dibayangkan. Semuanya berjalan lancar peserta sangat antusias juga.

“Terima kasih semua pihak yang telah membantu lebih khusus Unima. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan politik, parlemen dan cara memandang politik bukan sebagai alat bagi mahasiswa,” jelasnya.

Tampil sebagai narasumber hari pertama kegiatan diantaranya, Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto, Djenry Keintjem (Anggota DPR RI), Andrei Angouw (Ketua DPRD Sulut), Meidy Y. Tinangon (Komisioner KPU Sulut), DR Goinpeace Tumbel (Akademisi/Dosen FIS Unima).

Kegiatan turut dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Rektor Unima Prof DR Julyeta Runtuwene, para pejabat, undangan serta 500an peserta mahasiswa. (*)

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed