oleh

Jabes Gaghana Ajak Lawan Sampah Plastik

-Berita, Daerah-1.517 views

Sangihe, Barta1.com — Sampah plastik dalam beberapa tahun terkahir ini menjadi isu yang sering diperbincangkan di dunia internasional. Beberapa penelitian menerangkan proses penguraian sampah plastik membutuhkan waktu ratusan tahun. Hal demikian tentu sangat berpengaruh pada kualitas kesuburan tanah.

Data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun, di mana 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Sangihe sebagai daerah kepulauan dengan luas wilayah 93% adalah laut dan 7% daratan mengantisipasi serius persoalan sampah plastik tersebut. Hal ini terus didorong oleh Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana, pada setiap kegiatan-kegiatan pemerintahan dirinya terus mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik.

Bahkan untuk saat ini kegiatan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, telah menghentikan penggunaan minuman kemasan plastik pada setiap acara yang diselenggarakan pemerintah.

“Nantinya akan kita tingkatkan dan sosialisasikan sampai kapan pemilik toko akan menghentikan plastik dalam proses perbelanjaan, dan masyarakat diharapkan dapat berbelanja seperti dahulu kala membawakan keranjang dari rumah masing-masing,” ujar Gaghana. (*)

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed