oleh

Seasoldier North Sulawesi Beri Penyadaran Bagi Nelayan Bitung

Bitung, Barta1.com – Anak-anak muda yang tergabung dalam organisasi pegiat lingkungan, Seasoldier North Sulawesi terus bergerak memberikan penyadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan laut.

Kali ini bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung Marketing Association (IMA), Bank Sampah Mustika dan Bank Mandiri Bitung malaksanakan aksi bersih-bersih di area Pelabuhan Perikanan Bitung.

Tak hanya aksi bersih juga dilanjutkan diskusi bersama di Gedung BPU Kota Bitung bertema ‘Nelayan Sejahtera dan Laut Sehat’.

“Bentuk aksi bersama ini melibatkan para nelayan Bitung. Tujuannya untuk menyadarkan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah plastik ke laut,” kata Sekretaris Kota Bitung, Audy Pangemanan, Jumat (15/2/2019).

Dia berharap aksi seperti ini terus berkelanjutan demi kesejahteraan kita bersama. “Mari viralkan aksi ini dalam menjaga laut dan lingkungan kita dari sampah plastik,” ucapnya.

Audy menambahkan Pemkot Bitung mewajibkan warga membawa tamblur guna mengurangi sampah plastik.

“Tiga cara sederhana mengurangi sampah plastik yakni reduce, reuse dan recycle. Tetapi ada juga disebut dengan refuse, repair serta rethink,” ujar Fardy F Bongkang dari Seasoldier North Sulawesi.

Kadis Lingkungan Hidup Bitung, Sadat Minabari menambahkan dalam menangani permasalahan sampah plastik di laut pihaknya bekerjasama dengan Pelabuhan Perikanan Bitung, Dinas Perikanan Bitung dan pengusaha-pengusaha perikanan guna memperhatikan kapal-kapal yang sering membuang sampah di laut.

Kepala Pelabuhan Perikanan Bitung, Henry M Batubara merespon Dinas Lingkungan Hidup Bitung. “Kami mengupayakan setiap kapal yang akan berlayar jika membawa sampah harus kembali ke darat dengan sampah yang mereka bawa,” ujarnya.

Peliput : Meikel Eki Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed