oleh

Serunya Memancing Cakalang di Dermaga Melonguane…

Talaud, Barta1.com — Sudah dua pekan terakhir, puluhan warga Melonguane memenuhi dermaga pelabuhan laut. Berdasarkan pantauan media ini pada Rabu (13/02/2019) sore hari, puluhan warga yang berkumpul ini ternyata sedang asyik memancing ikan.

Keseruan kerap terjadi ketika kawanan ikan mendekati lokasi puluhan pemancing ini. Saling senggol dan berdesak-desakan mewarnai aktifitas warga yang tergolong unik ini.

Informasi yang diperoleh, ikan yang menjadi hasil tangkapan adalah tude, deho dan cakalang. Sedangkan alat pancing yang digunakan tergolong tradisioanal yaitu kail dan beberapa mata kail yang diikat pengait ikan tanpa menggunakana umpan (gate-gate/bahasa lokal).

Beberapa warga bertutur, kawanan ikan tersebut biasanya berada di dermaga kisaran pukul dua hingga pukul lima sore.

“Biasanya, kawanan ikan itu berada di sekitaran dermaga dari pukul dua sampai pukul lima sore,” kata Junaldi Lindo, salah satu warga yang sedang memancing ikan.

“Untuk hasil tangkapan, biasanya paling sedikit tujuh sampai sepuluh ekor ikan per orang,” tambah Lindo.

Di sisi lain, Emil Ria, yang juga pemancing ikan menuturkan, dirinya tidak mengejar hasil tangkapan tetapi hanya untuk mencari hiburan saja.

“Untuk hasil tangkapan berapa wkor ikan, itu tidak menjadi prioritas. Saya suka memancing ikan di sini untuk refreshing saja,” ujar Ria. (*)

Peliput: Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed