oleh

Merenungkan Alam Dalam Natal Pemuda Via Dolorosa

-Berita, Daerah-3.151 views

Manado, Barta1.com — Merayakan karya kelahiran Kristus pun bisa terdeskripsi dalam penghayatan tentang hubungan manusia dengan alam. Karena kehadiran Yesus tak hanya untuk misi penyelamatan, tapi juga membawa penyadaran.

Pemuda GMIM Via Dolorosa Politeknik Manado telah merenung tentang alam dalam perayaan Natal mereka, Jumat (21/12/2018). Lewat ibadah yang dipimpin Pdt Rimawanty Daraeng-Wawointana STh, pemuda-pemudi Via Dolorosa menjabarkan teologi lingkungan —hal yang semakin jarang mengemuka dalam praktik iman warga GMIM masa kini.

Idenya sederhana, tak ada kemasan plastik dalam ibadah tersebut. Tanpa plastik artinya manusia memperpanjang umur bumi untuk diwariskan bagi anak-cucu. Jemaat yang hadir juga diajarkan untuk menjalin hubungan kasih dengan alam dan lingkungan, seperti halnya Natal yang adalah kasih itu sendiri.

“Untuk perayaan Natal kami memberikan tumbler sebagai souvenir untuk mendorong teman-teman tidak menggunakan lagi air dalam kemasan dan memulai sesuatu yang baru yaitu membawa terus botol ke mana saja kita pergi, juga saat ramah tamah kita tidak lagi menggunakan air dalam kemasan tetapi menggunakan gelas,” ungkap Ketua Panitia Pra Natal, Natalia Debora Kasamat, dalam sambutan.

“Tujuan kita ingin mengajak anak muda untuk sama-sama mendukung pengurangan sampah plastik, jika bukan dari kita siapa lagi untuk menjaga bumi yang kita cintai ini karena kita yang menjadi tongkat estafet,” tutur Ketua Komisi Pelayanan Pemuda GMIM Via Dolorosa, Pnt Richo Rongkonusa.

Apresiasi disampaikan Ketua Komisi Pria/Kaum Bapa Via Dolorosa, Pnt Stenly Tamo SH, yang juga anggota legislatif Kota Manado. Dia kagum terhadap semangat cinta alam dalam pesan yang dikirimkan para pemuda.

“Ini sangat menarik karena Pemuda GMIM Viadolorosa memberikan pemahaman kepada jemaat, untuk tidak mengunakan sampah plastik. Untuk itu kami badan pengurus Pelayan Khusus Jemaat GMIM Viadolorosa memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh Pemuda GMIM Viadolorosa,” ujar Tamo. (*)

Penulis: Meikel Eki Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed