oleh

Puncak Panenteng dan Suguhan Foto-foto Sunset di Alam Sangihe

SANGIHE, BARTA1.COM – Alam selalu tampil dengan pesonanya masing-masing. Bahkan dimanapun pijakan kaki manusia sebagai penikmat estetis itu menapak, alam selalu punya rahasianya sendiri menyuguhkan keelokannya. Begitu kira-kira terjemahan rahasia keindahan itu yang terlukis di daerah perbatasan Indonesia-Filipina, yaitu di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Di sana, terdapat sebuah tempat menarik jika hendak berburu perjalanan matahari menuju malam (sunset). Tempat itu bernama, Puncak Panenteng. Berada di ketinggian dari empat kampung yang ada di Kecamatan Tabukan Utara, yaitu Kampung Lenganeng, Tarolang, Tola dan Bowongkulu 1. Nama Panenteng sendiri, diangkat dari peristiwa letusan Gunung Awu, puluhan tahun yang lalu.

Berdasarkan cerita lisan masyarakat di daerah itu, ketika Gunung Awu berkecamuk, api merambat ke wilayah tinggi yang ada di sekitarnya. Sehingga dari peristiwa demikian, muncul nama-nama yang mengekalkan tragedi letusannya, misalnya Panenteng dari kata, Limente yang artinya merambat, atau rambatan api dari letusan gunung.

Kini, Panenteng dikenal dengan destinasi wisata baru. Udara yang dingin, berjejeran warung-warung kopi menyuguhkan daya tariknya sendiri-sendiri. Namun yang unggul di sini adalah suguhan lengkungan Kota Tahuna dan keindahan matahari senja.

Tak heran, saban sore Puncak Panenteng tak pernah sepi. Orang dengan berbagai latar belakang masing-masing datang untuk sekadar menikmati keindahan matahari terbenam dari puncak itu. Seperti halnya Dys Salamate (42). Salamate, adalah salah satu dari sekian banyak pemburu matahari terbenam, atau yang dikenal dengan Fotografer Sunset.

Dikatakannya Puncak Panenteng menampilkan suguhan baru bagi pecinta fotografi. Ia sendiri sudah melahirkan beberapa foto sunset di tempat itu, dan tak pernah bosan, sebab memang banyak spot foto menarik yang setiap harinya menampilkan suguhan yang berbeda.

“Panenteng menampilkan pesoananya sendiri. Udara dingin, seringkali berkabut. Namun demikian keindahan sunset sangatlah luar biasa dilihat dari tempat ini. Sudah ada beberapa foto sunset yang didapat dari tempat ini. Namun begitu, saya tak pernah bosan mengambil gambarnya karena setiap harinya selalu saja ada yang menarik di sini,” ungkap Salamate.

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed