oleh

POPWIL V di Manado, Kemenpora Fokus Kesejahteraan Atlet

MANADO, BARTA1.COM – Ditandai bunyi tetengkoren, Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) V tahun 2018 di Manado, Sulawesi Utara, resmi bergulir, Rabu (28/11/2018) di Ballroom Hotel Sintesa Peninsula.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulut, Edison Humiang yang membacakan sambutan gubernur menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan bagi Sulut untuk melaksanakan POPWIL V ini untuk menuju ajang kualifikasi ke POPNAS Papua 2019 mendatang.

“Selamat datang dibumi Nyiur Melambai. Selamat menikmati panorama yang ada. Ini harus kami jawab dengan semangat kerja keras sehingga bisa berjalan sukses. Olahraga merupakan salah satu sarana pemersatu bangsa dan perwujudan pembentukan karakter manusia dalam olahraga,” ujar Humiang.

Kadispora Sulut, Marcel Sendoh dalam laporan kegiatan menyampaikan kiranya panitia akan berupaya menyiapkan semaksimal mungkin semua lomba. “Memang awalnya bukan Sulut tuan rumah melainkan Sulteng, untung tak bisa diraih dan malam tak bisa ditolak, karena bencana alam yang melanda Sulteng, maka dipindahkan ke Sulut. Kami berkeyakinan bisa memberikan yang terbaik untuk para utusan yang akan berlomba nanti,” terang Sendoh.

Staf Ahli Kemenpora Bidang Kelembagaan dan Kerjasama, Chandra Bakt menyampaikan kemajuan suatu bangsa yang maju saat ini diukur tiga indikator yaitu ekonomi, pertahanan dan olahraga. “Untuk itu berbanggalah karena sekarang sudah zaman serba digitalisasi dan pemerintah saat ini gencar melakukan pengembangan olahraga. Juga menyiapkan kesejahteraan bagi para atlit. Karena yang bisa mengumandangkan lagu Indonesia Raya adalah olahragawan yang berprestasi,” ujarnya.

POPWIL V tahun 2018 ini diikuti atlit-atlit dan ofisial dari enam provinsi. Rinciannya: Sulawesi Utara 155 orang, Sulawesi Tengah 151 orang, Maluku 64 orang, Maluku Utara 87 orang, Papua Barat 88 orang, dan Gorontalo 120 orang. Total peserta kali ini berjumlah 655 orang.

Peliput : Albert Piterhein Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed