oleh

Dinas Pariwisata Manado Cetak Ratusan Diving Guide Berlisensi

-Berita, Daerah-2.082 views

Manado, Barta1.com — Tak kurang 150 peserta pelatihan selam dasar dipastikan akan menerima sertifikat lisensi pemandu selam tahun depan. Kegiatan yang berlangsung 18-19 Oktober 2018 itu di Hotel Aryaduta itu diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Kota Manado bersama Scuba Schools International (SSI).

“Giat pelatihan berlangsung tahun ini dilanjutkan Februari 2019 tahun depan, setelah itu para diver terlatih yang kita bina akan menerima sertifikat license diving, sehingga bisa menjadi tour guide untuk turis asing yang masuk ke Manado,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Manado, Ferry Albert Woy ST, di sela pelatihan.

Bagi Dispar Manado, edukasi untuk diving guide adalah hal penting. Menurut Ferry, ini mengingat kunjungan wisatawan asing dan domestik ke ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini terus tumbuh signifikan. Manado kata dia menjual keindahan bawah laut taman nasional Bunaken, sehingga sektor pariwisata membutuhkan banyak sumber daya divers.

“Kita sebenarnya punya banyak tapi sebagian besar bekerja di luar daerah seperti Papua dan Bali, untuk mengantisipasi kekurangan ini kita lakukan pelatihan selama 2 hari untuk teorinya,” jelas dia.

Peran yang akan diemban peserta pelatihan tidak sebatas melakukan penyelaman dan memandu wisatawan. Yang tak kalah penting adalah melindungi laut dan turut dalam upaya pelestarian alam, karena keindahan alam adalah modal dalam bisnis wisata.

“Jagalah laut kita, jangan ada lagi sampah bawaan dari sungai yang masuk ke lautan kita,” pesan Ferry.

Instruktur Aldi Pengan dari Minanga Divers yang menjadi narasumber dalam pelatihan tersebut, dalam materinya memaparkan pengenalan pada peralatan diving. Dia juga menjelaskan bagaimana tekanan pada tubuh manusia saat melakukan penyelaman.

“Kami harap peserta yang terlibat dalam pelatihan diving dasar ini untuk bisa terus mengembangkan basic mereka. Pada Februari 2019 nanti mereka juga bisa mengikuti pelatihan lanjutan yang sudah diagendakan oleh Dinas Pariwisata Kota Manado hingga tahapan untuk menerima sertifikat license diving,” kata Aldi.

Virginia Gerungan, peserta pelatihan, nampak serius menerima materi yang disampaikan narasumber. Menurut dia ada tambahan pengetahuan yang didapat dan nantinya bisa berguna dalam dunia kerja.

“Hari ini kami menerima terorinya, saya jadi tak sabar untuk praktik menyelam karena ini nantinya akan menambah kemampuan kami saat bekerja,” kata mahasiswi Universitas Klabat ini.

Sama halnya Jesica Geovani, mahasiswi Politeknik Negeri Manado, yang ikut dalam kegiatan tersebut. Dia merasa tepat ikut pelatihan karena mencintai alam dan lautan.

“Saya berniat ikut tahun depan supaya bisa meneriam lisensi dan menjadi tur divers profesional,” ujar Jesica sambil tersenyum. (*)

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed