oleh

Pemprov Sulut Tunda Deadline Penerimaan Berkas Fisik CPNS

-Berita, Daerah-2.177 views

MANADO, BARTA1.COM — Panitia Seleksi Daerah Pengadaan CPNS Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah memperpanjang masa batas penerimaan berkas fisik yang semula tanggal 17 Oktober menjadi 19 Oktober 2018 sesuai cap pos. Sedangkan pendaftaran online ditutup 15 Oktober pukul 24.00.

Hal tersebut seperti disampaikan Kepala Badan Kepegawaiaan Provinsi Sulut, Femmy Suluh, saat memimpin Rapat Panitia Seleksi Daerah Pengadaan CPNS 2018 di Ruang WOC Kantor Gubernur, Jalan 17 Agustus Wenang, Senin (15/10/18).

Dilansir blog humas Pemprov, Suluh menjabarkan progres penerimaan CPNS Provinsi Sulut per tanggal 14 Oktober pukul 18.00 pendaftar online dari pelamar umum sebanyak 2.667 orang, penyandang disabilitas masih kosong, lulusan terbaik 4 orang.

“Sedangkan berkas fisik yang telah masuk ke BKD sebanyak 1.419 berkas,” jelas dia.

Diketahui Pemprov Sulut membuka lowongan 417 CPNS tahun ini, jabatan yang paling banyak diminati adalah formasi guru dan perawat. Sedangkan formasi yang belum ada atau masih sepi pelamar sebanyak 17 formasi.

Di Jakarta, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengungkapkan, jumlah pelamar CPNS 2018 yang telah mendaftar secara tuntas di situs sscn. bkn.go.id sebanyak 3.627.981 orang.

Sedangkan pendaftar yang telah diverifikasi dan dinyatakan lolos seleksi administrasi sebesar 1.751.661 orang.

“Yang tidak memenuhi syarat hingga detik ini 355.733 orang. Ini (secara keseluruhan) masih bergerak ya datanya,” kata Ridwan dalam konferensi pers di gedung BKN, Jakarta, Selasa (16/10/2018), demikian menurut situs kompas.com.

Sisa dari jumlah total pendaftar belum diverifikasi oleh instansi terkait. Namun, Ridwan memastikan proses ini akan terus berjalan hingga Minggu 21 Oktober 2018 nanti. Proses verifikasi dilakukan oleh instansi terkait dan Badan Kepegawaian Daerah.

Ridwan juga mengatakan, para pelamar juga bisa memantau informasi pengumuman tersebut melalui situs sscn.bkn.go.id.

“Di sana akan memungkinkan si pelamar ketika login dia tahu (lolos) apa enggak. Maksimal pada 21 Oktober ya. Tapi bukan berarti setiap menit melihat, login, logout, jangan begitu juga,” papar Ridwan

Para pelamar juga bisa memantau informasi dari media sosial milik BKN, maupun situsweb resmi dan media sosial dari instansi yang dipilih. Peserta juga bisa mengecek hasil seleksi administrasi melalui alamat e-mail yang telah didaftarkan.

“Nanti setelah tanggal 21 semua diumumkan, ada waktu untuk mengumumkan siapa mendapat lokasi SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) di mana dan kapan,” lanjut dia.

Melalui saluran-saluran informasi tersebut, kata Ridwan, pendaftar yang lolos bisa mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan matang. Ia menyebutkan, SKD akan digelar di sekitar 225 titik di seluruh Indonesia mulai 27 Oktober hingga 7 November 2018.

SKD CPNS tahun 2018 terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Nilai ambang batas tersebut yakni 143 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 75 untuk TWK. Jumlah soal yang akan diujikan adalah 100 butir, terdiri dari 35 soal TKP, 30 soal TIU, dan 35 soal TWK. (*)

Penulis: Ady Putong

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed