oleh

Ajakan Nadine Chandrawinata Kepada Seasoldier North Sulawesi

MANADO, BARTA1.COM – Founder Seasoldier, Nadine Chandrawinata akan melihat dari dekat aktivitas lumba-lumba di sepanjang perairan Taman Nasional Bunaken, Minggu (7/10/2018).

Sebelum melakukan kegiatan tersebut, artis peduli lingkungan tersebut bertatap muka dengan pegiat lingkungan yang tergabung dalam Seasoldier North Sulawesi, Sabtu (6/10/2018). Mantan Putri Indonesia 2005 ini tiba sore tadi di Manado guna persiapan sailing dolpin and beach clean up di Bunaken.

Dalam pertemuan itu, Nadine pemilik 001 Seasoldier itu diampingi 002 Seasoldier yakni Dini Setianingrum, terlihat akrab dengan para peserta.

Dia berharap momen kegiatan sailing dolpin and beach clean up harus stabil. “Untuk kegiatan dolpin kita diminta setiap tahun. Dan mari kita menyampaikan kepada masyarakat terkait pelarangan untuk membeli tiket sirkus dolpin jangan secara keras. Tapi mari kita lakukan pendekatan. Dan cara penyampainnya diarahkan agar mereka melihat lumba-lumba di laut sekalian rekreasi,” ujarnya sambil melempar senyuman yang khas.

Untuk beach clean up kata dia, bukan sekedar mengangkat sampah, tapi di sini belajar bersama bagimana melihat sampah di pantai. “Saya tekankan tugas atau peran kita sebagai Seosoldier atau peduli lingkungan tujuannya sebenarnya untuk anak cucu kita ke depannya. Dan saya mengharapkan kegiatan untuk Minggu besok kita semuanya harus menghadapi dengan senang dan riang gembira,” kata Nadine.

Begitu pula tanggapan 002 Seasioldier, Dini Septianingrum. Dia mengungkapkan clean up merupakan kegiatan bersama membersihkan sampah. “Saya mengharapkan sampah-sampah di data. Sampah mana yang paling banyak, organik atau non organik agar bisa menjadi cerita buat kita Seasoldier untuk disampaikan ke media atau masyarakat,” ujar Dini.

Apa itu Seasoldier?

Sea Soldier, secara harfiah bisa diartikan sebagai ‘tentara laut’. Aksi lingkungan yang satu ini diinisiasi duo Nadine Chandrawinata dan rekannya, Dini, pada 25 Maret 2015 silam.

Aktivitas Seasoldier sudah berjalan selama tiga tahun, dan tersebar dibeberapa titik di Indonesia saat ini sudah ada di 15 daerah, termasuk Sulawesi Utara. Ini merupakan komitmen diri dan aksi nyata dalam menyebar virus ramah lingkungan dengan memanfaatkan jejaring media sosial. Di Sea Soldier ini semua orang bisa berkontribusi, cukup posting kegiatan ramah lingkungan yang mereka lakukan kemudian mention ke akun Instagram @seasoldier_.

Aksi sederhana ini pun mendapat respon yang positif, semakin banyak orang yang berpartisipasi mengunggah aksi lingkungannya di Instagram. Bahkan tercatat akun @seasoldier_ hingga kini telah memiliki 28.500 pengikut.

Dan isu mengenai sirkus lumba-lumba keliling yang sedang marak juga menjadi perhatian Sea Soldier. Bahwa atraksi sirkus lumba-lumba keliling bukan suatu hiburan yang patut untuk ditonton. Karena tempat tinggal lumba-lumba sejatinya di laut lepas bukan di tempat sirkus yang sempit.

Peliput : Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed