oleh

Hasil Lomba Goyang Tobelo yang Digagas SMPN 1 Sitim

SITARO, BARTA1.COM – Ba layar jao balayar jao kas tinggal kampung di sana sio mama. Adede pelama adede pe lama tempo kita bale ulang ka sana Tobelo slalu tabayang. Ta barindu rindu ta barindu rindu Tobelo so jao di mata sio mama, ado do kasiang ado do kasiang kita rindu pa ngoni samua.

Penggalan lagu ini cukup akrab di telinga masyarakat Sulawesi Utara. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti tahu lagu itu yang mengiring masyarakat untuk bergoyang Tobelo. Saking memasyarakat hingga cukup banyak iven Goyang Tobelo yang digelar, termasuk di Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Ketua Panitia, Noldi Dalapan SPd, mengatakan pesan moral yang tersirat dalam lagu Goyang Tobelo adalah kita terus mempererat silatuhrami antar umat beragama,” katanya.

Ia mengatakan lomba Goyang Tobelo ini dalam rangka memeriahkan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan SMP Negeri 1 Siau Timur (Sitim), Sitaro di Lapangan Akesimbeka, Siau Timur, Selasa (2/10/2018) lalu.

“Tujuan kegiatan ini juga untuk penggalangan dana korban gemba dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Kegiatan disambut positif karena dibuka langsung Bupati Eva Sasingen,” ujar Noldi.

Kepala SMP Negeri 1 Sitim, selaku penanggung jawab kegiatan menuturkan, lomba ini dalam bentuk merefleksikan Lagu Goyang Tobelo yang ciptakan Kelvin Fordatkossu. “Lagu Hioko Tobelo dalam lirik lagunya menggambarkan sebuah kerinduan seorang anak rantau atas tanah kelahirannya,” bebernya.
HASIL LENGKAP LOMBA

Tingkat SMP
Juara 1: Group Putri Akesio SMP Negeri 2 Siau Barat
Juara 2: Group Putri Singkaha SMP Negeri 1 Sibarsel
Juara 3: Group Putri SMP Negeri 1 Siau Timur Selatan

Tingkat SMA/SMK
Juara 1: Group SMA Negeri 1 Siau Timur A
Juara 2: Group SMK Bisa SMK Negeri 1 Siau Timur
Juara 3: Group SMA Negeri 1 Siau Timur

Tingkat SKPD/Kecamatan/Kelurahan
Juara 1: Group Cabe Merah Kecamatan Siau Timur Unit Kampung Karalung
Juara 2: Group Tarorane Muslim Kelurahan Tarorane
Juara 3: Group Akesio Squad Kecamatan Siau Barat

Peliput : Albert Piterhein Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed