oleh

Target Kemenangan Surya Paloh di Sulut

-Berita, Polmas-2.182 views

MANADO, BARTA1 — Kehadiran Surya Paloh di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (28/8/2018), menjadi penanda bahwa Partai NasDem telah siap melangkah jauh, dalam berbagai agenda suksesi politik di Bumi Nyiur Melambai. Ketua Umum NasDem itu mencanangkan 1 target: kemenangan!

“Mari kita rebut kemenangan di semua helatan politik, menangkan Pemilu kemudian kita bisa memiliki calon gubernur,” seru Surya Paloh saat orasi politik di pembukaan Pembekalan Caleg Terpadu Partai NasDem Provinsi Sulut, yang bergulir 28-30 Agustus 2018 di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Arahan itu disimak langsung 6 Caleg DPR-RI, 45 Caleg DPRD Provinsi Sulut dan 395 Caleg DPRD Kabupaten/Kota. Totalnya ada 446 Caleg yang wajib mengamankan sabda ketua umum, termasuk jajaran pengurus partai lintas daerah.

(baca juga: Bekal Istimewa NasDem Sulut Untuk 446 Caleg)

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Pembekalan Caleg Felly Runtuwene menyampaikan dalam laporan, NasDem Sulut menargetkan 1 kursi ke DPR-RI dan 9 kursi di DPRD Provinsi. Namun Surya Paloh melihat potensi NasDem Sulut jauh lebih besar. Potensi itu bisa dikelola karena NasDem Sulut memiliki kapasitas dan modal terbaik mewujudkan kemenangan antar-lini.

“Pasti Sulut bisa dapat 2 kursi di DPR RI, 10 kursi di dewan provinsi dan seluruh kabupaten/kota punya 1 fraksi utuh,” ujar Paloh dengan lantang.

(baca juga: Nasdem Perkasa, dan Surya Paloh Ancam Gubernur)

Apa yang dia sampaikan disambut antusias ratusan peserta pembekalan. Pidato politik Surya Paloh seperti membakar semangat Caleg NasDem yang akan berpartisipasi di Pemilu 2019.

Sebagai pemicu semangat merestorasi Sulut, Paloh ikut mengajak 4 gubernur dari NasDem yang memenangkan kontes Pilkada langsung di daerah masing-masing. Yang paling anyar adalah Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor Laiskodat serta Gubernur Kalimantan Selatan Herman Deru.

Kemudian hadir pula Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie dan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

“Mereka menang di daerahnya, ke depan Sulut juga punya Gubernur dari NasDem,” kata Paloh.

Pada hari ini NasDem memiliki 5 kepala daerah di Sulawesi Utara, salah satunya Ketua NasDem Sulut Maximiliaan Jonas Lomban yang juga Walikota Bitung. Yang lain Bupati Minahasa Utara Vonny Anneke Panambunan, Walikota Kotamobagu Tatong Bara, Bupati Bolaang Mongondow Yasti Mokoagow serta yang baru saja terpilih Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Moktar Parapaga, yang berpasangan dengan Elly Engelbert Lasut.

Sementara yang disiapkan menuju DPR-RI ada 2 nama yang berpeluang besar meraih kursi, yaitu Irjen (Pur) Benny Mamoto dan Felly Runtuwene. (*)

Penulis: Ady Putong

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed