oleh

Sumbang Aksi dan Gagasan Politeknik Manado Untuk Warga Tateli

-Gallery-1.159 views

Manado, Barta1 — Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang digulirkan tim dari Politeknik Negeri Manado pada medio Agustus 2018 di Desa Tateli, Mandolang, Kabupaten Minahasa, menjadi wadah penyaluran aksi dan gagasan secara langsung dari akademisi ke masyarakat.

“Kegiatan pelatihan dan penyuluhan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan bagi para pekerja tukang bahkan bagi masyarakat setempat, apalagi masih ada kegiatan penyuluhan mengenai membangun rumah yang aman gempa pada awal September 2018,” kata Hukum Tua Desa Tateli Magda Lala SE didampingi Sekretaris Desa Theo Rambing.

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), menurut Ketua tim Daisy DG Pangemanan ST MT MSi, bertujuan membuka kesempatan bagi para akademisi yang bergabung di PKM Politeknik Negeri Manado untuk bermitra dengan pemerintah Desa Tateli. Kaum inteletual memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan dan pengetahuan masyarakat Desa Tateli dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan.

Di Tateli tim PKM Politeknik Negeri Manado melaksanakan pelatihan tenaga kerja konstruksi sebagai upaya untuk meningkatkan ketrampilan kerja bagi para tukang. pelatihan yang dimaksud yaitu pelatihan susun bata atau masonry, cara mengikat besi yang benar, cara membuat campuran beton atau mix design yang sesuai dengaan syarat-syarat teknis bangunan.

Juga, melaksanakan kegiatan Penyuluhan/sosialisasi mengenai cara membangun rumah yang lebih aman dari bahaya bencana gempa bumi. Melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang desain dan pemeliharaan drainase sebagai langkah antisipasi terhadap bahaya bencana banjir.

Kegiatan tim PKM di Tateli didahului survei. Dari studi lapangan diketahui masih terdapat rumah penduduk yang dibangun belum sesuai standar rumah yang aman dari bahaya gempa bumi.

“Para tukang di Desa Tateli belum pernah mendapatkan pelatihan ataupun pembekalan secara khusus mengenai cara membangun rumah yang lebih aman dari gempa bumi bahkan pembangunan dan pemeliharaan drainase masih belum tertata dengan baik,” ujar Prof Debby Willar, ST MEngSc dan Estrelita Waney, ST., MengMgt, anggota tim.

Desa Tateli sendiri merupakan salah satu daerah yang terletak di wilayah pemerintahan Kecamatan Mandolang. Adapun data kependudukkannya yaitu jumlah penduduk 1.290 jiwa, 346 Kepala Keluarga tersebar di 5 jaga/dusun dan 13 RT. Mayoritas pekerjaan penduduk adalah tukang, buruh, nelayan dan petani. Pekerjaan lainnya wiraswasta, PNS dan karyawan swasta. (*)

Penulis: Ady Putong

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed