oleh

Mengais Rezeki di Bawah Ancaman Sang Mercusuar Utara

SITARO, BARTA1.COM – Om Sonny, itulah panggilan dari pria hampir parubaya yang bernama lengkap Sonny Derek. Dia begitu setia melayani para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melakukan pendakian Gunung Api (Gapi) Karangetang Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, sebagai guide lokal.

Dari penelusuran BARTA1.COM, Minggu (5/08/2018), Om Sonny sudah melakukan aktifitas sebagai guide lokal kurang lebih hampir 14 tahun, dan tentunya berada dibawa ancaman sang Mercusuar Utara ini—salah satu julukan Gunung Api Karangetang.

Meski menantang ganasnya gunung api yang kerap mengeluarkan semburan api dan lahar, namun Om Sonny mengaku tetap menyerahkan semuanya kepada Yang Maha Kuasa untuk perlindungan. “Saya tetap berdoa agar tetap dalam perlindungan yang Maha Kuasa,” aku Om Sonny.

Menurutnya, aktifitas yang digelutinya bukanlah sekedar pekerjaan untuk mendapatkan upah saja, tapi juga lebih dari itu melayani para tamu, mempromosikan keindahan alam Sitaro dan juga menganggumi karya Sang Khalik yang bekerja, tapi dalam melakukan tanggungjawab ini tentunya yang terpenting adalah melayani para tamu asing, memperkenalkan keindahan alam kita, dan juga bagaimana mengagumi karya Sang Khalik,” ungkap dia.

Selain itu, dirinya berharap agar pengembangan wisata gunung api dapat diperhatikan oleh pemerintah daerah, sehingga dapat berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. “Terutama terkait dengan peraturan daerah yang tidak memberatkan pemandu lokal,” harap dia.

Peliput: Stenly Rein Mes Gaghunting

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed